Persiapkan Dirimu (IV)

Cara Membaca

Bagaimana cara membaca yang baik ? yang memenuhi standar kecepatan membaca, maupun pengulangan dalam melakukannya sehingga hasil yang diperoleh merupakan hasil yang maksimal ?

Berdasarkan penelitian, untuk mempelajari hal - hal yang bersifat menghafal, hendaknya dilakukan dengan jeda waktu istirahat yang cukup banyak. Semakin banyak jeda waktunya makin baik untuk informasi masuk kedalam otak kita. ketika jeda waktu istirahat jangan terlalu lama, kira - kira 5 - 10 menit saja, kemudian lanjutkan lagi membaca.

Inilah Tahapannya :
1. Tetapkan target halaman yang hendak kamu baca dan target waktu penyelesaiannya
Contohnya : kamu hendak membaca dari halaman 1 sampai halaman 10 dengan target waktu 20 menit.
2. Lakukan, dan apabila kamu telah menyelesaikannya, letakkan bukumu dan lakukan aktifitas lainnya seperti ke kamar mandi, mengambil minum atau ngobrol dengan teman sekamar atau keluarga dirumah selama 5 - 10 menit.
3. Setelah waktu jeda usai, kembalilah membaca bukumu, ingat ! tentukan target halaman dan mulailah membaca dari halaman 1 lagi, kenapa ? itulah pengulangannya. Jika pada saat kamu membaca pertama kali, kamu membutuhkan waktu 20 menit, pada saat membaca yang kedua kali kamu pasti bisa membacanya separuh waktu yang awalnya kamu butuhkan.

Begitu seterusnya sehingga kamu selesai membaca buku tersebut hingga halaman terakhir, hasilnya kamu bisa membaca sebuah buku bila hendak melakukan penglangan atau mengingat kembali isi sebuah buku kamu akan membutuhkan waktu yang sangat singkat... jika pada gambar pada akhirnya kamu membaca sebuah buku dengan 40 halaman dengan waktu 30 menit, maka bila kemudian kamu membaca ulang buku tersebut maka waktu yang dibutuhkan hanyalah 1/2 - 2/3 waktu baca sebelumnya.

kamu akan terkejut dengan hasil yang kamu capai...
Cobalah... dan jangan terkagum - kagum dengan saya... he.. he..

Bersambung..

Komentar

Postingan Populer