SINOPSIS FILM LAW ABINDING CITIZEN

Film Law Abinding Citezen memang film lama, di rilis tahun 2009 dan dibintangi oleh Gerald Butler dan Jamie Foxx yang mengambil setting kota Philadelphia Amerika.

                                                 (sumber : wikipedia)


Bagi para reviewer film pada umumnya, film ini terlihat sebagai film thriller biasa. Bahkan Wikipedia pun menggolongkan film ini sebagai film bergenre crime thriller. Padahal bila anda menyukai film - film hukum, film ini pantas anda jadikan sebuah rujukan. Bagaimana sebuah penerapan asas hukum pembuktian dalam sistem hukum pidana di Amerika Serikat untuk mengungkap kasus yang tidak terpecahkan atau membutuhkan bukti dan saksi, telah menyebabkan hilangnya keadilan yang seharusnya menjadi tujuan penjatuhan sanksi pidana.

Amerika adalah negara yang menganut asas Due Process Model sebagai standar dalam beracara yang berlaku secara universal. Due Process lahir dari amandeman ke-5 dan 14 konstitusi Amerika untuki mencegah penghilangan atas kehidupan, kebebasan dan hak milik negara tanpa proses hukum. Due Process Model menghasilkan prosedur dan substansi perlindungan hukum terhadap individu.

Salah satu hal yang selalu diuji dalam sebuah rangkaian penerapan Due Process Model adalah "apabila menggunakan prosedur, apakah prosedur yang ditempuh sudah sesuai dengan Due Process ?"

Penerapan Due Process didalam film ini berkaitan dengan pembuktian yaitu bagaimana memperoleh, mengumpulkan dan menyampaikan bukti dipengadilan.

Dengan ketatnya penggunaan asas ini, tidak jarang hal - hal yang bersifat formalistik mengesampingkan kebenaran meteriil.

                                            (sumber : tvtropes.org)


Film ini mengisahkan seorang ilmuwan yang bernama Clyde Shelton (Gerald Butler) yang berusaha menuntut keadilan atas kematian istri dan anaknya dalam sebuah kasus perampokan dan pemerkosaan yang dilakukan didepan matanya. Namun karena kurang kuatnya bukti untuk menuntut 2 tersangka yakni Clarence Darby dan Rupert Ames, akhirnya jaksa Nick Rice (Jamie Foxx) yang mengawal kasus ini membuat kesepakatan hukum kepada Clarence Darby yang berkas sidangnya dipisah dengan tersangka Ames. Darby memberikan kesaksian bahwa Rupert Ames adalah pelaku pembunuhan dan pemerkosaan sehingga Rupert Ames dijatuhi hukuman mati, sementara Darby hanya dipenjara 5 tahun.

Kesepakatan tersebut sah menurut hukum Amerika, namun sangat mencederai rasa keadilan Clyde. Sehingga Clyde mempelajari sistem hukum dan menuntut balas atas ketidakadilan yang dirasakannya kepada sistem hukum dan kepada Jaksa Nick Rice.

Saat di Clyde ditangkap karena main hakim sendiri, Clyde ditemui oleh Nick Rice dan mengancam agar Nick memperbaiki kesalahannya 10 tahun silam saat menangani kasus kematian istri dan anaknya. Clyde mengulangi apa yang dikatakan Nick Rice kepadanya 10 tahun yang lalu "this is not about what you know, this is what you can prove in court."

Dipihak manakah anda saat menonton film ini ? Perlu diingat bahwa bahwa didalam Alkitab seorang pembenci dinyatakan berjalan dalam kegelapan, walau ia menyatakan dirinya berjalan didalam terang (1 Yohanes 2:9,11).


Komentar

Postingan Populer