Umpan Cacing Dapat mujair , Umpan Udang Dapat Kakap

"Memancing ikan dengan umpan cacing dapat mujair , umpan udang dapat kakap" adalah istilah yang diajarkan oleh seorang pengacara senior tempat saya mengabdi dulu di sebuat kantor pengacara di Surabaya. Pada saat itu dia sedang mengingatkan saya untuk memakai dasi pada saat bekerja. Ya.. memang saya dulu malas menggunakan dasi pada saat bekerja, karena merasa tidak bebas dan leher agak serasa dicekik.

Dunia kepengacaraan adalah sebuah dunia profesi yang menawarkan jasa bantuan hukum kepada "kliennya" (istilah konsumen dalam dunia pengacara) . Jadi jasa adalah adalah merupakan produk utama yang ditawarkan oleh seorang Pengacara / Advokat. Jasa adalah sesuatu yang tidak tampak oleh mata, maupun diraba, namun kita dapat merasakannya. Ketika bicara "rasa" maka perasaan seseorang yang mendapatkan sebuah masalah pastinya bingung, bimbang dan galau. Seseorang yang demikian butuh suatu keyakinan bahwa semua masalah mereka akan beres atau terselesaikan. Untuk itu seseorang yang terkena masalah akan mendatangi tempat atau orang yang diyakini olehnya dapat menyelesaikan atau membereskan masalahnya.

Setelah kita lihat pembahasan diatas maka sebenarnya ada 1 produk lagi yang dijual oleh seorang pengacara/advokat, yaitu "kepercayaan". Dan ketika seorang pengacara/advokat menjual "kepercayaan" dia harus dapat menunjukkan bahwa dia memiliki kepercayaan terhadap dirinya dan kemampuannya. Sebagai seseorang yang memiliki kemampuan, seorang pengacara/advokat mempunyai identitas diri yang harus ditunjukkan. Untuk lebih mudahnya saya ambilkan suatu contoh percakapan :

"Clothes make the man. I believe that. You say to me you want to go shopping, you want to buy clothes, but you don't know what kind. You leave that hanging in the air, like I'm supposed to fill in the blank. That to me is like asking me who you are... and I don't know who you are."

Kutipan di atas merupakan celotehan seorang sopir limosin yang mengobrol dengan Tom Hanks dalam sebuah film komedi klasik tahun 90an, Joe Versus The Volcano.

Entah itu dalam bidang karir, kehidupan sosial, atau bahkan romansa, Anda akan selalu dinilai berdasarkan penampilan Anda. Kita memang dibesarkan agar tidak menilai buku dari sampulnya, namun jujur saja itu nasihat yang sangat tidak praktis karena hanya bisa dilakukan oleh orang yang telah mendapat kesempatan untuk mengenal Anda secara pribadi.

Hanya diperlukan waktu setengah sampai tiga puluh detik bagi mereka untuk menjatuhkan vonis penilaian pada diri Anda. Begitu impresi pertama itu tercipta, nyaris tidak mungkin bagi mereka untuk mengubah pikiran. Coba renungkan sejenak berapa banyak tawaran yang gagal Anda raih dan kesempatan yang lewat begitu saja karena pribadi Anda divonis berdasarkan penampilan yang kurang menarik?

Tunjukkan identitasmu, tunjukkan percaya dirimu maka kamu akan semakin mendapatkan kepercayaan baik dari atasan dikantor, teman, klien/konsumen bahkan pacar atau lawan jenis...

Berhubung kita mengawali tulisan ini dengan masalah dasi, maka sekalian saya berikan tips cara memasang dasi.. ada beberapa cara, silahkan digunakan sesuai selera anda..

Tipe Small Knot

Half Winsor

Tipe Winsor

Tipe Prince Albert

Komentar

Postingan Populer