2 TAHAP TERPENTING DALAM MENCARI KERJA ( I )

Mencari kerja adalah sesuatu yang menjadi tugas yang menjadi hasil final kerja keras kamu setelah duduk dibangku kuliah. Disinilah ujian yang sebenarnya atas segala hal yang telah kamu pelajari selama kamu mengenyam pendidikan selama ini, disinilah mental kamu diuji, disini pulalah penilaian akan seberapa berharga dirimu didunia ini (bukan penilaian secara moral loh ya ?)



Tulisan ini saya bagi menjadi beberapa bagian agar mempermudah kamu dalam memahaminya, dimana lagi - lagi persiapan kamu akan menentukan hasilnya, yakni mudah atau tidaknya kamu bersaing dengan orang/lulusan lain dalam memperoleh kerja.

Ya... dunia persaingan akan kamu rasakan nyata didalam hal ini..

Pertama - tama adalah PERSIAPAN !

Tahap 1 = PERSIAPAN

Persiapan sebelum masuk didalam dunia persaingan mencari pekerjaan harus kamu lakukan jauh - jauh hari sebelum kamu lulus kuliah atau sekolah. Apa saja yang bisa kamu siapkan ?

  1. Jaga dan tingkatlah Index Prestasi (IP) nilai mata kuliah yang kamu tempuh; Nilai yang baik dan stabil akan membuat kamu diperhitungkan oleh penyeleksi lamaran kerja.
  2. Tetapkan dari awal kamu masuk kuliah, pekerjaan apa yang kamu inginkan, dan kemudian pelajari mata kuliah apa saja yang harus kamu tempuh untuk memenuhi apa yang dibutuhkan sebagai pra-syarat pekerjaan yang kamu inginkan. Misalkan kamu ingin menjadi seorang Legal Officer sebuah perusahaan, maka mata kuliah dibidang hukum perdata adalah hal yang harus kamu pilih, kemudian mata kuliah yang kamu pilih adalah mata kuliah Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Jaminan, Hukum Kontrak, Hukum Dagang, Hukum Perseroan adalah mata kuliah - mata kuliah yang wajib kamu tempuh dan harus memiliki nilai yang terbaik yang bisa kamu peroleh.
  3. Perbanyak teman; loh apa hubungannya ? dengan banyak teman berarti kamu akan punya banyak link dalam memperoleh informasi lowongan kerja maupun teman yang menawari kamu pekerjaan (tidak tertutup kemungkinan temanmu memiliki jiwa wiraswasta sehingga dia tidak ikut mencari kerja seperti teman - temanmu yang lain, melainkan membuka lapangan kerja).
  4. Jangan berlama - lama menempuh masa kuliah, karena hal ini merendahkan penilaian kamu dihadapan pemberi kerja, walaupun nilai IPKumulatif yang kamu miliki tinggi.
  5. Cobalah mencari pekerjaan magang pada saat kamu menjelang lulus, hal ini bisa dilakukan bila kegiatan kuliahmu sudah tidah terlalu padat (misal saat menyelesaikan skripsi), keuntungannya selain mungkinn kamu bisa mendapatkan uang saku, ada kemungkinan setelah kamu lulus dari kuliah, kamu ditawari untuk menjadi pegawai tetap. 
demikianlah persiapan - persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum lulus untuk mencari pekerjaan yang kamu idam - idamkan.

Bersambung..

Komentar

  1. menarik pesannya bang. pingin copas gambarnya ni bisa nggak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan saja.. tp jangan lupa utk mencantumkan sumbernya yaa..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer