Persiapkan Dirimu (III)

Pengulangan Dalam Membaca

Buat apa membaca berulang-ulang ? tentunya agar informasi semakin masuk dan meresap kedalam memori otak.

"Ah tidak perlu itu, saya khan cukup cerdas; sekali baca saja saya pasti ingat.. "

Memang betul ada beberapa orang yang otaknya mirip spons (busa) sehingga mudah bagi orang-orang ini untuk menyerap informasi, akan tetapi akankah informasi tersebut akan bertahan lama didalam memori otak kita ? Jawabnya, belum tentu. tingkat kecerdasan setiap orang tidaklah sama, tingkat minat seseorang dalam mempelajari sesuatu juga berpengaruh dalam hal menyimpan informasi didalam otaknya, karena semakin rendah minat seseorang pada hal yang dipelajarinya maka semakin kecil ia memberikan ruang penyimpanan informasi tersebut.


Untuk lebih jelasnya kita pelajari cara kerja otak kita dalam menerima dan menyimpan informasi :

pic:alfannur.blogspot.com


Analoginya pada saat otak kita menerima informasi, informasi yang ada menempel  pada bagian terluar dari otak kita, dimana setiap pengulangan informasi yang kita lakukan maka informasi yang telah menempel dibagian terluar dari otak kita dibawa masuk ke lapisan yang lebih dalam. Sehingga semakin sering kita mengulangi sesuatu maka informasi tentang hal yang kita lakukan semakin dalam berada di lapisan otak kita sehingga seakan-akan menyatu dengan diri kita; dan ketika informasi itu menyatu dengan diri kita maka kita menyebutnya dengan istilah " hapal diluar kepala "

Saya berikan kamu sebuah contoh sederhana, kamu bisa mengendarai sepeda motor bukan ? coba kamu ingat-ingat bagaimana awalnya kamu belajar mengendarai sepeda motor, kemudian uraikan dalam sebuah tulisan bagaimana teori mengendarai sepeda motor dalam bentuk sebuah manual.

Banyak sekali tulisanmu bukan ? tapi kenapa pada saat kamu mengendarai sepeda motor, seakan-akan gerakan tangan, kaki, jari-jari tanganmu, mata kamu bergerak secara otomatis ?

Yaa.. jawabnya karena kamu melakukan hal tersebut ratusan bahkan ribuan kali dalam hidupmu, sehingga seakan-akan semua manual yang kamu tulis tadi terangkai dalam sebuah pola.

Itulah hasil dari pengulangan..

Bersambung..

Komentar

Postingan Populer